DSWD mendesak penyedia layanan sosial untuk mengadopsi basis data kemiskinan

Abdul Aziz - Tak Berkategori
  • Bagikan

KOTA SAN FERNANDO DI PAMPANGA — Departemen Kesejahteraan Sosial dan Pembangunan (DSWD) telah mendesak penyedia layanan sosial di sektor swasta dan publik untuk bekerja sama dengan mereka untuk memberikan program perlindungan sosial kepada anggota masyarakat yang paling rentan.

Direktur regional DSWD-3 Jonathan Dirain mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Rabu bahwa mereka sekarang dapat berbagi data dengan lembaga pemerintah nasional lainnya, unit pemerintah daerah, dan organisasi atau pemangku kepentingan lain yang menerapkan program dan layanan perlindungan sosial melalui database kemiskinan Listahanan 3.

Listahanan 3, versi ketiga dari Sistem Penargetan Rumah Tangga Nasional untuk Penanggulangan Kemiskinan (NHTS-PR), adalah sistem informasi yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi siapa dan di mana rumah tangga miskin berada untuk menargetkan penerima manfaat untuk program perlindungan sosial.

"Listahanan 3 akan membantu kami dalam memberikan bantuan kepada sektor masyarakat miskin dan rentan. "Saya sangat mendorong semua orang untuk menggunakan Listahanan 3 untuk menjangkau yang termiskin dari yang miskin," kata Dirain.

Setelah penilaian putaran ketiga Listahanan, yang mencakup 1.512.928 rumah tangga di wilayah tersebut, total 270.456 diidentifikasi sebagai rumah tangga miskin di Luzon Tengah.

Secara total, 124.440 orang miskin di rumah tangga miskin sasaran tinggal di kota, sementara 146.016 tinggal di daerah pedesaan.

Sementara itu, masyarakat adat (IP) merupakan 16.137 rumah tangga termiskin (5,97 persen). Provinsi Zambales memiliki konsentrasi IP tertinggi.

"Kami mengimbau kepada mitra kami untuk memprioritaskan rumah tangga dan individu miskin tersebut dalam memberikan program perlindungan sosial sehingga mereka dapat mencapai kesejahteraan yang lebih baik. "Dengan bekerja sama, termasuk KPU mitra dan organisasi, kita dapat membuat perbedaan positif dalam kehidupan orang Filipina kita yang kurang beruntung," kata Dirain.

Pemerintah Kota Cabanatuan adalah pengguna data Listahanan 3 pertama di wilayah tersebut.

Listahanan, menurut Helen Bagasao, kepala Kantor Kesejahteraan Sosial dan Pengembangan Kota Cabanatuan, berguna dalam mengidentifikasi klien untuk berbagai program dan layanan kesejahteraan sosial.

"Ang Listahanan ay mahihirap na kinakailangan nating tulungan (Listahanan adalah bantuan besar bagi LGU dalam mengidentifikasi mereka yang benar-benar miskin yang perlu kita bantu)," kata Bagasao.

Sumber:

  • Bagikan