oklaro

oklaro

oklaro

oklaro

oklaro

oklaro

oklaro

oklaro

oklaro

oklaro

oklaro

Slot Gacor https://ojs.uscnd.ac.id/ https://lpm.uscnd.ac.id/ https://aplikasi.ppdu.ponpes.id/pon/ GB777 GB777 GB7771

ASEAN dan tuntutan untuk mendirikan pusat pendidikan ilmu olahraga regional di UNJ 

Redaksi - Tak Berkategori
  • Bagikan

Oleh Hafid Abbas

Konsultan Internasional di SEAMEO RETRACT, Ho Chi Minh, 2014
 
Pada KTT ASEAN ke-12 pada Januari 2007, di Cebu, Filipina, para pemimpin ASEAN menegaskan komitmen kuat mereka untuk mempercepat pembentukan Komunitas ASEAN pada tahun 2015 secara politik, ekonomi, dan sosial budaya. Kemudian pada KTT ASEAN ke-27 di Kuala Lumpur, 22 November 2015, mengadopsi ASEAN Community Vision 2025.
 
Dari perspektif pendidikan, salah satu strategi untuk mempercepat pembentukan komunitas tunggal bangsa-bangsa tersebut adalah dengan pengembangan berbagai pusat unggulan di bawah manajemen Southeast Asia Ministers of Education Organization (SEAMEO) di kawasan ini.
 
Saat ini, SEAMEO memiliki 21 lembaga spesialis sebagai canters of excellent yang melakukan program pelatihan dan penelitian di berbagai bidang pendidikan, ilmu pengetahuan, dan budaya untuk melayani semua negara anggota ASEAN sebagai satu komunitas bangsa secara politik, ekonomi, dan budaya. Misalnya, sejak didirikan pada tahun 1967, Malaysia adalah Pusat Regional untuk Pendidikan Sains dan Matematika. Ini telah berdiri di Penang, Malaysia sejak tahun 1967, dengan mandat untuk memenuhi kebutuhan Negara-negara Anggota SEAMEO dalam mengembangkan program pendidikan sains, matematika dan teknologi.
 
Namun, dari 21 pusat tersebut, Sport Science Education Center (SSEC) masih belum tersedia di wilayah tersebut. Pusat ini tampaknya sangat dituntut untuk memaksimalkan manfaat olahraga untuk mencapai semangat dan misi ASEAN menuju satu komunitas bangsa dengan alasan berikut.
 
Pertama, SSEC dapat menjadi jaringan pendukung untuk mempercepat pencapaian cetak biru ASEAN Political-Security Community (APSC) pada tahun 2025 yang akan menjadi komunitas yang bersatu, inklusif, dan tangguh. Masyarakat ASEAN harus hidup dalam lingkungan yang aman, harmonis dan terjamin, merangkul nilai-nilai toleransi dan moderasi serta menjunjung tinggi prinsip-prinsip dasar ASEAN, nilai-nilai dan norma-norma bersama.

Cetak biru ini sejalan dengan nilai-nilai inti olahraga, seperti: disiplin diri, rasa hormat terhadap lawan, permainan yang adil, kerja tim, dan kepatuhan terhadap aturan yang disepakati bersama. Nilai-nilai ini membantu individu dan komunitas untuk membangun nilai-nilai kapasitas dan keterampilan komunikasi mereka yang diperlukan untuk mencegah dan menyelesaikan konflik dalam kehidupan mereka sendiri. SSEC kemudian dapat mempersiapkan platform ASEAN serta kegiatan pendidikan olahraga yang dirancang dengan baik yang menggabungkan nilai-nilai terbaik olahraga.
 
Sebagai contoh nilai olahraga, adalah bagaimana Olimpiade Musim Panas Sydney 2000 atlet Korea Utara dan Selatan dapat bersaing secara damai dan berinteraksi di Stadion Olimpiade untuk pertama kalinya dalam beberapa dekade karena dua negara secara teknis masih berperang pada waktu itu (Los Angeles Times, 16 September 2000).
 
Kedua, SSEC dapat menjadi jaringan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk mempercepat pencapaian cetak biru Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada tahun 2025 yang akan sangat terintegrasi dan kohesif, kompetitif, inovatif dan dinamis; dengan konektivitas yang ditingkatkan dan kerja sama sektoral; dan komunitas yang lebih tangguh, inklusif, dan berorientasi pada orang, berpusat pada orang, yang terintegrasi dengan ekonomi global.
 
Sejalan dengan cetak biru, dalam agenda Tujuan Pembangunan Milenium (MDGs) untuk memberantas kemiskinan dan kelaparan ekstrem, SSEC dapat mengambil peran untuk terlibat dengan kelompok-kelompok yang dikecualikan secara sosial — membantu mereka membangun sumber daya manusia mereka, menghubungkan mereka dengan dukungan dan layanan, dan memfasilitasi reintegrasi sosial mereka, mengatasi penyebab struktural kemiskinan dan pengucilan sosial dan untuk mengadvokasi solusi.
 
Demikian pula dalam agenda MDGs yang bertujuan untuk mencapai pendidikan dasar universal, SSEC dapat berkontribusi untuk mempersiapkan platform untuk dorongan dan dukungan bagi anak yatim, anak jalanan, anak-anak jalanan, anak-anak di daerah terpencil dan anak-anak rentan lainnya untuk mendaftar di sekolah.
 
Ketiga, SSEC dapat menjadi mitra jaringan untuk mempercepat pencapaian cetak biru Masyarakat Sosial Budaya ASEAN (ASCC) pada tahun 2025 yang akan membuka dunia peluang untuk secara kolektif memberikan dan sepenuhnya mewujudkan pembangunan manusia, ketahanan, dan pembangunan berkelanjutan saat kita menghadapi tantangan baru dan yang muncul bersama-sama.
 
Cetak biru ini sejalan dengan pesan Hari Olahraga Internasional untuk Pembangunan dan Perdamaian, yang diadopsi pada Majelis Umum PBB pada 23 Agustus 2013, untuk memproklamasikan 6 April sebagai Hari Olahraga Internasional untuk Pembangunan dan Perdamaian.

Sebagai badan utama PBB untuk Pendidikan Jasmani dan Olahraga, UNESCO percaya bahwa olahraga adalah kendaraan yang kuat untuk inklusi sosial, kesetaraan gender dan pemberdayaan pemuda, pembangunan manusia dan pembangunan berkelanjutan.

Oleh karena itu, SSEC dapat menjadi jaringan think tank prospektif UNESCO dan ASEAN untuk mengeksplorasi kekuatan olahraga untuk memperkuat ikatan sosial, mempromosikan perdamaian, solidaritas, saling menghormati, berbagi cara kreatif untuk meningkatkan kualitas hidup kita, dan menempatkan olahraga sebagai hak asasi manusia untuk dihormati dan ditegakkan di seluruh dunia.

Pelembagaan

21 Pusat SEAMEO yang ada di seluruh wilayah sebagian besar berlokasi di universitas terkait di negara tuan rumah mereka. Pusat Kedokteran Tropis SEAMEO, misalnya, berada di Universitas Chulalongkron di Bangkok.

Dengan modalitas tersebut, SSEC dapat didirikan di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dengan realitas tersebut.

Pertama, UNJ diakui secara luas oleh universitas lain di seluruh wilayah karena reputasinya dalam kompetisi olahraga di tingkat nasional, regional dan internasional. Selama bertahun-tahun, UNJ adalah tujuan bagi mahasiswa pascasarjana dari Filipina tentang Pendidikan Ilmu Olahraga. Kedua, selama bertahun-tahun berturut-turut, UNJ tetap berada di puncak peraih medali di berbagai kompetisi olahraga. Secara keseluruhan, pada tahun 2019 misalnya, mahasiswa dan dosen UNJ telah mengoleksi 513 medali sebagai berbagai kompetisi nasional, regional dan internasional (Unjm Rpjm Report 2020).
 
Begitu pula pada Asian Games sebelumnya pada 2018 misalnya, atletik UNJ bisa meraih 6 medali emas, 5 perak dan 1 perunggu. Atletik UNJ sebagai anggota delegasi Indonesia berbagi total 12 medali atau setara dengan 11,67 persen dari kontribusinya terhadap Indonesia total perolehan medali (31 medali emas, 24 perak dan 48 perunggu). Rekor ini kemudian menempatkan Indonesia di 4 besar, bertahan setelah China, Jepang, dan Korea Selatan.
 
Ketiga, jika UNJ dikucilkan dari Indonesia dengan catatan medali, peringkatnya lebih tinggi dari Qatar, tetap berada di peringkat 15 besar dari 46 negara peserta di Asian Games 2018. Demikian pula, jika UNJ dikucilkan dari Indonesia di ASEAN, posisinya berada di urutan ketiga setelah Thailand dan Malaysia, lebih tinggi dari 7 negara ASEAN lainnya dan Timor Leste.
 
Terakhir, UNJ telah memiliki stadion olahraga universitas dan pusat pelatihan universitas, keduanya adalah tingkat kelas dunia.

Semoga dengan kontribusi SSEC, ASEAN dapat sepenuhnya mencapai impian kolektifnya untuk menjadi komunitas bangsa-bangsa dengan One Vision, One Identity, and One Community pada tahun 2030.

  • Bagikan